Jumat, 25 April 2014

Menulis Pesan Singkat

Posted by bunga at 18.04

Komunikasi dapat dilakukan dengan cara dan dengan menggunakan berbagai macam alat pula. Selain dilakukan secara tatap muka langsung, juga dapat dilakukan secara tidak langsung atau jarak jauh. Kominikasi secara langsung bisa tanpa alat, tetapi kalau secara tak langsung mesti ada perantara atau alat, misalnya surat (pesan singkat). 


Pesan singkat adalah pesan yang disampaikan secara singkat dan padat. Seperti namanya, isi dari pesan tersebut berupa pesan yang sangat singkat namun inti masalah yang ingin diungkapkan tetap tersampaikan. Pesan singkat disebut juga memo. Memo biasanya ditulis dalam secarik kertas kecil.
Menulis pesan singkat diperlukan  manakala sebuah pesan harus disampaikan tanpa menggunakan kalimat yang panjang karena situasi mendesak dan sangat penting. Namun, walaupun begitu dalam menulis pesan hendaknya kita tidak melupakan santun berbahasa.
Pesan singkat sebaiknya ditulis dengan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan langsung pada pokok permasalahan. Dengan demikian, orang yang menerima pesan itu akan lebih mudah memahami isi pesan tersebut. Di samping itu apabila pesan yang ingin disampaikan ditulis menggunakan bahasa yang singkat dan jelas, dapat mengurangi kemungkinan kesalahan dalam menafsirkan isi pesan tersebut.

0 comments :

Posting Komentar

 

Xiangzo Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea